6.23.2008

Perjalanan Umroh


14 Mei - 20 Mei 2008, Alhamdulillah kami melaksanakan ibadah umroh. Berbekal niat, meski belum tau jalan ke Makkah dari Qatar namun Alhamdulillah kami tidak menemui kesulitan selama dalam perjalanan. Sebagai penunjuk jalan kami mengandalkan GPS yang di setting home to Makkah, sehingga kami tinggal mengikuti jalan yang ditunjukkan oleh GPS.

3 hari di Makkah terasa begitu cepat, rasanya kami belum mau meninggalkan makkah meski sudah waktunya check out dari hotel. Suami malah pengennya nambah hari lagi di Makkah, karena memang suasana di Makka sangat lain, di situ terasa damai, tiap hari hanya menunggu waktu sholat dari waktu ke waktu di masjidil haram, ka'bah. Rasa rindu melihat Ka'bah selama ini terobati untuk sesaat. Kalau tidak memikirkan cuti yang diambil suami kemungkinan kami memperpanjang waktu lagi di Makkah. Kami sangat betah di sana, begitu juga dengan si kecil Daghfal, dia sangat senang lari-lari sambil bermain di masjidil haram. 3 hari di Makkah selain di Ka'bah dari waktu ke waktu, kami juga sempat mengunjungi Jabbal An-nur dimana Gua Hira berada. Bukitnya sangat terjal, gak sanggup kami menaikinya, akhirnya hanya melihat dari kaki bukit saja. Kemudian kami mengunjungi padang arafah, disana ada jabal arrahman. Naek onta cantik sebentar trus kembali lagi ke masjidil haram.

Hari keempat kami menuju Madinah, yang berjarak tempuh sekitar 4 jam dari Makkah. Sore dari Makkah ba'da Ashar, Isya nyampe di Masjid Nabawi. Berlari2 kami dari parkir karena tiba pas sudah adzan Isya. Bersyukur masih dapat isya berjamaah di Masjid Nabawi. Setelah isya kami mencari makan, kemudian mencari hotel. Tidak susah mencari hotel di Madinah karena hotel berada disekelling masjid nabawi.

Hanya satu malam kami di Madinah, besok sorenya kami melanjutkan perjalanan pulang ke Doha. Bermalam di hotel transit di jalana semalam, esoknya baru nyampe Doha lagi. Alhamdulillah, perjalanan yang mengesankan ini berjalan lancar meskipun kami sendirian dalam arti kami cuma satu keluarga, satu mobil, tapi Alhamdulillah dari pergi sampe pulang lancar tidak ada halangan. Terimakasih ya..Robb.
Insyaallah tahun depan kami masih diberi kesempatan untuk mengunjungi Baitullah kembali. Amien..