11.26.2008

Tips Berhenti Menyusui

Awal November aku pernah mencoba untuk mengurangi frekuensi memberikan ASI anakku tapi tidak berhasil. Kebiasaan yang paling susah  adalah nenen sebagai pengantar tidur. Saat tiba-tiba gak boleh nenen pas mau tidur dia ngamuk, nangis meronta-ronta, gak mau tidur. Aku ama suami bergantian gendongnya supaya tidur. Malam pertama berhasil menidurkan tanpa nenen, malam berikutnya begitu juga kejadiannya. Capek bergantian gendongnya tapi masih nagis juga akhirnya dikasih nenen lagi.

Kemarin, 25 November tepat di hari ulang tahun ke-2 Daghfal disapih (berhenti disusui). Susah memang setelah selama 2 tahun ini dia full ASI tanpa bantuan susu formula karena setelah melahirkan aku berhenti kerja dan full time ngurusi si kecil.  Dan lagi dia tidak menyukai susu formula sehingga pengalihan dari berhenti menyusui agak susah.Tapi berkat dukungan suami sudah 2 hari ini berhasil menyapihnya. 

Sebulan yang lalu susah nyapihnya lho kok sekarang berhasil? Berikut tipsnya:

  1. Ajak komunikasi dengan si kecil, katakan bahwa sekarang sikecil sudah besar dan sudah saatnya minumnya susu kaleng, bukan nenen sama bunda lagi. Nenen untuk bayi yang masih kecil. Dia lama-lama mau ngerti kok.
  2. Ajak bermain sebelum tidur. Ini untuk menghilangkan kebiasaannya nenen sebelum tidur. Dengan bermain sebelum tidur dia akan capek sehingga lebih cepat tidur. Butuh dukungan dan kerjasama dengan suami, karena anak biasanya kalau seharian sudah bermain dengan ibunya dia akan merasa bosen juga, maka malam hari bisa gantian suami yang ngajak bermain.
  3. Alihkan perhatiannya jika sewaktu-waktu dia masih minta nenen. Daghfal masih suka minta nenen dan nyium-nyium nenen gitu, biasaya aku tawarkan susu kaleng, jus atau air putih. Nanti dia akan milih mau yang mana. Alhamdulillah sekarang daghfal sudah mau susu kaleng.
  4. Jangan nyapih pada saat kondisi anak sedang sakit, sedih atau lagi sensitif. Alhamdulillah pas hari ulang tahunnya kemaren daghfal sedang sehat-sehatnya dan ceria, jadi lebih enak ngajak komprominya.
  5. Berikan perhatian lebih. Saat awal-awal berhenti menyusu anak suka bingung untuk melampiaskan jika sedang marah atau gak enak hati karena biasanya kan kalau lagi seperti itu dia minta nenen, ini sekarang kita perlu lebih halus dan sabar supaya dia bisa menghilangkan perasaan ngambeknya tanpa nenen.

Cuma itu kemaren yang dilakuin untuk Daghfal. Mudah-mudahan tips sederhana ini bisa berguna untuk ibu-ibu yang sedang nyapih seperti saya. 

No comments: